GAJI PEKERJA IT DI INDONESIA

Beberapa waktu yang lalu aku baca sebuah artikel tentang gaji pekerja IT di Indonesia. Survey dilakukan oleh ZDNETasia dengan 3.267 responder. Hasil dari survey tersebut membuktikan adanya peningkatan gaji pekerja IT Indonesia dibandingkan dengan survey yang sama pada tahun lalu.
Berikut ini hasil survey yang menunjukkan gaji rata-rata pekerja IT di Indonesia dalam setahun menurut industri dan fungsi kerjanya.



Sedangkan untuk profesi pekerja IT juga terjadi perubahan tren yang sedang laku di dunia kerja. Profesi pekerja IT yang paling banyak berdasarkan jumlah responder adalah pengembang aplikasi.
Berikut ini adalah tabel profesi responder dan rata-rata gaji per tahun:



Berdasarkan hasil survey di atas, profesi yang paling banyak diminati adalah profesi pengembang aplikasi dan yang paling sedikit adalah administrator sistem. Tapi walaupun demikian, profesi administrator sistem memiliki gaji yang lebih tinggi dibandingkan dengan 4 profesi lainnya karena administrator sistem mempunyai tanggung jawab yang sangat tinggi dibandingkan lainnya.

Itulah hasil survey gaji para pekerja IT yang sebenarnya cukup baik. Tapi sepertinya survey dilakukan di Jakarta karena memang rata-rata gaji di Jakarta lebih tinggi dibandingkan dengan kota-kota lainnya di Indonesia. Sebagai contoh Bandung. Bandung sebagai kota yang menghasilkan cukup banyak para profesional IT tapi gaji para profesional IT lebih rendah dibandingkan dengan dengan statistik di atas. Gaji staff IT di Bandung masih berada pada kisaran 1,5 juta sampai dengan 2,5 juta untuk staff IT yang masih fresh graduate. Hal ini disebabkan karena tidak setiap perusahaan dapat menghargai kemampuan pegawainya. Tapi banyak pula perusahaan yang mau menghargai karyawannya.

0 komentar:

Posting Komentar

SEARCH PROJECT